Laman

Kamis, 18 Juli 2019








 


 
VIRTUAL COORDINATOR TRAINING BATCH 5
SUMATERA

            VCT 4 sudah selesai dan ilmunya sangat bermanfaat sekali, terutama dalam menghadapi era 4.0 milenial. Perlu kita sadari, bahwa saat ini  dunia dihadapkan dengan munculnya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi system. Artinya adalah sistem dibawa dari analog ke format digital.
Sebagai contoh, dalam praktik jual beli misalnya. Di era sekarang jual beli secara online sangat marak dilakukan.  Para penjual tidak lagi memerlukan took atau tempat untuk berjualan. Begitu juga pembeli hampir-hampir tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang kebutuhannya. Itu hanya salah satu contoh digitalisasi dalam bidang ekonomi.
Dalam dunia pendidikan pun Revolusi industri 4.0 juga telah memberikan pengaruhnya. Sistem pembelajaran yang awalnya didasarkan pada pertemuan tatap muka di kelas, suatu saat segera digantikan oleh sistem pembelajaran yang terintegrasi melalui pembelajaran dalam jaringan (daring).
Perubahan yang begitu cepat dan kompetitif ini, menuntut kita sebagai Guru ataupun pendidik untuk memiliki ketrampilan yang lebih dalam memanfaatkan ICT untuk pembelajaran kita. Melalui pemanfaatan ICT di dalam kelas-kelas kita, maka sesungguhnya kita sedang membawa anak-anak didik kita menyongsong revolusi industri 4.0.
Proses belajar di era sekarang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sebagai Guru, sudah selayaknya kita mau dan siap dengan perubahan ini. Guru masa depan adalah guru yang selalu mampu membawa siswanya melakukan perubahan, kreatif dan inovatif dalam menghadapapi tantangan hidup di masa depan. Anak milenial harus dihadapi oleh guru yang juga milenial.
Saat ini sudah banyak sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalannya. Terutama mengenai perkembangan teknologi kedepan. Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mendapatkan berbagai wacana ilmu adalah dengan mengikuti diklat online yang diselenggarakan oleh Seamolec. Diklat ini dilaksanakan secara online berbasis IT melalui wahana Video Converence dengan aplikasi Webex atau VICON Webex..
Diklat ini bernama VCT atau Virtual Coordinator Training yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC. Tujuan Seamolec menyelenggarakan pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan guru-guru di Indonesia agar mampu mengembangkan system pengajarannya. Dimana guru harus memahami kalau pembelajaran ukan hanya bisa dilakukan di dalam kelas. Tetapi juga bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dalam situasi apapun. Pembelajaran  jarak jauh yang berbasis Webex misalnya,
Dengan mengikuti pelatihan ini, Guru akan memperoleh beberapa manfaat al: bagaimana membuat dan membuka classroom, membuat flyers, memperpendek link page, merekam, membuat presen online. Peserta dibimbing agar siap melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik sebagai host, moderator, maupun pemateri (presenter).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar